DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEADS TOGETHER DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SDN KELAYAN TIMUR 9 BANJARMASIN
PENGARANG:WIWIN PUJA PERMATA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-24


ABSTRAK

Permata, Wiwin Puja. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation, Numbered Heads Together dan Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SDN Kelayan Timur 9 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Muhammad Saleh, M.Pd.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Group Investigation, Numbered Heads Together, Course Review Horay.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Kelayan Timur 9 Banjarmasin pada tema kayanya negeriku. Hal ini disebabkan proses pembelajaran menggunakan metode ceramah yang cenderung bersifat satu arah, tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Permasalahan inilah yang mengakibatkan nilai hasil belajar siswa berada di bawah KKM yang telah ditetapkan Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti menggunakan kombinasi model Group Investigation, Numbered Head Together dan Course Review Horay dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada tema kayanya negeriku.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kelayan Timur 9 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 8 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan . Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan 30 (sangat baik) dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan 80% (sangat aktif dan aktif). Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan indikator ketuntasan belajar individual mencapai nilai 70 dan secara klasikal 80% dari seluruh siswa yang mencapai nilai 70.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai skor 28 dengan kriteria Baik meningkat di Siklus II mencapai skor 35 dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa secara klasikal Siklus I 70,6% meningkat pada Siklus II menjadi 94,1%. Hasil ketuntasan klasikal pada Siklus I mencapai 70,6% meningkat pada Siklus II menjadi 94,1%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together dan Course Review Horaydapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kayanya negeriku di kelas IV SDN Kelayan Timur 9 Banjarmasin. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasilbelajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswakhususnya pada tema kayanya negeriku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI