DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA VOLUME BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DIKOMBINASIKAN DENGAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTETHIC (VAK) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS V C SDN SEMANGAT DALAM 3 KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:YUNITA EKA SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-25


ABSTRAK

Saputri, Yunita, Eka. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Volume Bangun Ruang Menggunakan Model Discovery Learning dikombinasikan dengan Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) dan Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas V C SDN Semangat Dalam 3 Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing : Drs. Sutiyarso, S. Pd, M. Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Volume Bangun Ruang, DL, VAK, CRH.

 

Permasalahan peneltian ini adalah kurangnya partisipasi keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih bersifat konvensional, jarangnya penggunaan model pendukung dan kurangnya melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga kurang bermakna bagi siswa. Maka, inovasi pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dikombinasikan dengan Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) dan Course Review Horay (CRH) perlu dilakukan untuk mengidentifikasi aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang di kelas V C SDN Semangat Dalam 3.

Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala tahun ajaran 2018/2019. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan 28 (sangat baik) dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan 80% (sangat aktif). Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis dan penilaian secara individual dan klasikal. Analisis data dihitung berdasarkan indikator ketuntasan belajar secara individu siswa mendapatkan nilai ≥80 dan secara klasikal80% dari siswa mendapatkan nilai ketuntasan ≥80.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai kriteria sangat aktif. Pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan baik secara individual maupun klasikal.

Penerapan model Discovery Learning dikombinasikan dengan Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa materi Volume Bangun Ruang di Kelas V C SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala dan hipotesis dapat diterima. Diharapkan guru bisa menjadikan penelitian ini sebagai pilihan alternatif untuk melaksanakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI