DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIFITAS PUSKESMAS 9 NOVEMBER DALAM PENANGGULANGAN TUBERKULOSIS (TB) PADA MASYARAKAT KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:JAUHARATUNNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-25


ABSTRAK

Jauharatunnisa. D1A115010 Efektifitas Puskesmas 9 November Dalam Penanggulangan Tuberkulosis (TB) Pada Masyarakat Kota Banjarmasin. Dibawah bimbingan Sugeng Karyadi.

Pelayanan publik merupakan suatu kegiatan pelayanan yang diselenggarakan oleh pemerintah khususnya bergerak dalam bidang kesehatan, yang dimana telah diatur dalam peraturan pemerintah. Pelayanan Publik merupakan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan semua warga negara melalui sistem pemerintah guna terciptanya pelayanan publik yang berkualitas dalam memenuhi kebutuhan dan hak warga sipil baik dalam bentuk barang-barang publik, pelayanan publik, maupun pelayanan administrasi. Upaya peningkatan efektifitas pelayanan menjadi salah satu bentuk pengukuran atas keberhasilan institusi dalam melakukan memberikan pelayanan. Efektivitas menjadi salah satu bentuk target yang harus dicapai sehingga program-program yang ditetapkan dapat berjalan sesuai dengan ketentuan. Salah satu pelayanan publik yang ada adalah puskesmas yang  menjadi ujung tombak dalam mewujudkan Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam memperoleh informasi atau data dilakukan wawancara kepada Kepala Dinas Kesehtan Kota Banjarmasin, Kepala Puskesmas 9 November, Petugas yang bertanggung jawab terhadap penanggulangan TB di puskesmas 9 November, Petugas yang melakukan kegiatan penanggulangan TB. Masyarakat selaku klien yang didatangi oleh petugas Puskesmas. Pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisa secara kualitatif.

Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan menunjukkan Efektifitas Puskesmas 9 November dalam penanggulangan pada masyarakat penderita TB di Kota Banjarmasin akan tercapai apabila adanya perencanaan  atau  strategi  yang  tepat  dalam pemilihan informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat. Karena strategi dalam pemilihan dan penyampaian informasi tersebut sangat diperlukan untuk dapat membentuk pemahaman positif kepada  masyarakat agar selama kegiatan yang dilakukan dapat selalu berjalan dengan baik dan terciptanya keharmonisan antara petugas puskesmas dan masyarakat. Dilaksanakannya kegiatan penanggulangan TB merupakan salah satu upaya untuk memberikan edukasi tentang pentingnya mendeteksi penyakit sejak dini serta memberikan obat penjegahan apabila ada masyarakat yang terindikasi penyakit.

Kata Kunci : Efektifitas, Penanggulangan, Puskesmas 9 November

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI