DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Gaya dan Gerak Melalui Pendekatan Saintifik Kombinasi Model Inquiry Learning ( IL ) dan Numbered Head Together ( NHT ) pada Kelas IV SDN Tanjung Pagar 3 Banjarmasin
PENGARANG:FRANSISKA NOVIANTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-25


ABSTRAK

Novianty,

Fransiska 2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Gaya 

dan Gerak Melalui Pendekatan Saintifik Kombinasi Model Inquiry Learnin ( IL ) dan          Number Head Together ( NHT ) Pada Kelas IV SDN Tanjung Pagar 3 Banjarmasin. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra.Hj. Ike Hananik,M.Pd

 

Kata  Kunci:  Hasil Belajar,  Gaya danGerak,  Pendekatan Saintifk, Inquiry

          Learning,dan Number Head Together.

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di  kelas  IV SDN Tanjung Pagar 3 Banjarmasin yang disebabkan  oleh  siswa belum menunjukkan partisipasi aktif,pembelajaran tanpa didukung melakukan percobaan ,siswa belum memiliki sikap ilmiah, serta pembelajaran yang berisifat satu arah. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui aktivitas  guru,  aktivitas  siswa,  dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada  materi Gaya dan Gerak dengan Pendekatan Saintifik Kombinasi Model Inquiry Learning dan Number Head Together .

Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  dengan  jenis  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).  Teknik analisis data yang  digunakan  adalah  analisis  data  kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Serta data kuantitatif yang diperoleh  melalui  teknik  pengukuran  hasil  belajar  berupa  tes  tertulis  siswa. Aktivitas  guru  dikatakan  berhasil  jika  terlaksana dengan  katagori  “Sangat  Baik”  dan aktivitas siswa mencapai katagori “Sangat  Aktif”. Hasil  belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥60 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥60.

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan katagori  “ Sangat Baik”  pada pertemuan 3.  Aktivitas  siswa  mengalami  peningkatan  dengan kategori  “Sangat Aktif”  pada pertemuan 3. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal  74 % ,pada pertemuan 2 mencapai ketuntasan  87% kemudian meningkat menjadi 100% pada pertemuan 3.

Berdasarkan  hasil  penelitian  disimpulkan  bahwa  aktivitas  guru  terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta  hasil belajar  meningkat dan mencapai  ketuntasan  secara  individu  maupun  klasikal  menggunakan  Pendekatan Saintifik kombinasi model Inquiry Learning dan Number Head Together pada materi Gaya dan Gerak.  Hasil  penelitian  ini  dapat disarankan  sebagai  alternatif  pemilihan  dan  penggunaan  model  pembelajaran  untuk mata pelajaran IPA materi  Gaya dan Gerak di kelas IV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI