DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Gaya dan Gerak Melalui Pendekatan Saintifik Kombinasi Model Inquiry Learning ( IL ) dan Numbered Head Together ( NHT ) pada Kelas IV SDN Tanjung Pagar 3 Banjarmasin | |
PENGARANG | : | FRANSISKA NOVIANTY | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-10-25 |
ABSTRAK
Novianty, |
Fransiska 2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Gaya dan Gerak Melalui Pendekatan Saintifik Kombinasi Model Inquiry Learnin ( IL ) dan Number Head Together ( NHT ) Pada Kelas IV SDN Tanjung Pagar 3 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra.Hj. Ike Hananik,M.Pd |
Kata Kunci: Hasil Belajar, Gaya danGerak, Pendekatan Saintifk, Inquiry
Learning,dan Number Head Together.
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN Tanjung Pagar 3 Banjarmasin yang disebabkan oleh siswa belum menunjukkan partisipasi aktif,pembelajaran tanpa didukung melakukan percobaan ,siswa belum memiliki sikap ilmiah, serta pembelajaran yang berisifat satu arah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Gaya dan Gerak dengan Pendekatan Saintifik Kombinasi Model Inquiry Learning dan Number Head Together .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Serta data kuantitatif yang diperoleh melalui teknik pengukuran hasil belajar berupa tes tertulis siswa. Aktivitas guru dikatakan berhasil jika terlaksana dengan katagori “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai katagori “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa tuntas apabila mencapai nilai ≥60 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥60.
Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan katagori “ Sangat Baik” pada pertemuan 3. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan kategori “Sangat Aktif” pada pertemuan 3. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan klasikal 74 % ,pada pertemuan 2 mencapai ketuntasan 87% kemudian meningkat menjadi 100% pada pertemuan 3.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan Pendekatan Saintifik kombinasi model Inquiry Learning dan Number Head Together pada materi Gaya dan Gerak. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk mata pelajaran IPA materi Gaya dan Gerak di kelas IV.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI