DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI JARING-JARING BALOK DAN KUBUS MELALUI KOMBINASI MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SERTA SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN KERTAK HANYAR 1-2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ANISA FARADILLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-25


Faradilla, Anisa. 2019Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Balok dan Kubus Melalui Kombinasi Model Realistic Mathematics Education (RME) dan Student Teams Achievement Division (STAD) serta Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V SDN Kertak Hanyar 1-2 Kabupaten Banjar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.Pembimbing Dr. Ririanti Rachmayanie J., S.Psi., M.Pd.

 

Kata kunci : HasilBelajar, Realistic Mathematics Education (RME), Student Teams Achievement Division (STAD), Snowball Throwing

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Kertak Hanyar 1-2 Kabupaten Banjar dalam mata pelajaran Matematika, nilai hasil belajar siswa pada tahun 2017/2018 hanya mencapai 43% dari semua siswa. Padahal standar KKM untuk Matematika adalah 65 dengan ketuntasan klasikal yaitu 80%. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih konvensional, minat siswa kurang, pembelajaran kurang mengaitkan dengan kehidupan nyata. Karena itu perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswamenggunakan kombinasi model pembelajaran Realistic Mathematics Education dan Student Teams Achievement Division serta Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.

            Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Setting penelitian di SDN Kertak Hanyar 1-2 dengan materi jaring-jaring balok dan kubus di kelas V semester II tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan untuk data kuantitatif yang berupa hasil evaluasi belajar siswa.

            Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada Pertemuan I mendapat skor 23 meningkat hingga Pertemuan IV mendapat skor 36. Aktivitas siswa Pertemuan I mendapat 52,6% meningkat hingga Pertemuan IV mendapat 85,7%. Dan hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari Pertemuan I 42,1% meningkat hingga Pertemuan IV 95,2%. Jika diterapkan kombinasi model Realistic Mathematics Education dan Student Teams Achievement Division serta Snowball Throwing, maka Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Kelas V SDN Kertak Hanyar 1-2 meningkat.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa hasil matematika jaring-jaring balok dan kubus menggunakan kombinasi model pembelajaranRealistic Mathematics Education, Student Teams Achievement Division, dan Snowball Throwing pada siswa kelas V SDN Kertak Hanyar 1-2 Kabupaten Banjar meningkat dan hipotesis dapat diterima.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI