DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS IKLAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION, THINK PAIR SHARE DAN TALKING STICK SISWA KELAS V SDN PEKAUMAN 1 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:BAMBANG WAHYUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-25


ABSTRAK

Wahyudi, Bambang. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Iklan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Explicit Instruction, Think Pair Share and Talking Stick Siswa Kelas V SDN Pekauman 1 Kabupaten Banjar.SkripsiProgram Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Susilawaty M.Pd.

Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Iklan, Kombinasi Model Explicit Instruction, Think Pair Share and Talking Stick.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada keterampilan menulis iklan, hal ini disebabkan karena siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan pola pikir dan membuat kalimat sendiri, kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan sulit menyelesaikan suatu permasalahan, sehingga pembelajaran berlangsung menjadi tidak bermakna. Untuk itu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Pekauman 1 Kabupaten Banjar dengan menerapkan kombinasi model pembelajaran Explicit Instruction, Think Pair and Share dan Talking Stick.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Setting penelitian adalah kelas V SDN Pekauman 1 Kabupaten Banjar tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 16 orang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif (aktivitas guru dan siswa), dan data kuantitatif (hasil belajar siswa). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dilaksanakan selama proses pembelajaran dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif” serta siswa dapat mencapai ketuntasan belajar secara individu > 70 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal > 80% mendapat nilai > 70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat dari presentase 69%, 75%, 91% sampai 97%. Aktivitas siswa dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat dengan ketuntasan klasikal dari presentase 56% dengan kriteria “cukup aktif”, 75% dengan kriteria “aktif”, 87% dengan kriteria “sangat aktif” sampai 100% dengan kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar  siswa dari pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat dari presentase 50%, 69%, 75% sampai 94%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui kombinasi model pembelajaran Explicit Instruction, Think Pair and Share dan Talking Stick siswa kelas V SDN Pekauman 1 Kabupaten Banjar meningkat. Disarankan kepada guru dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI