DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS V SDN KUIN SELATAN 6 BANJARMASIN
PENGARANG:ATIQAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-25


Atiqah. 2019 “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian dan Pembagian Berbagai Bentuk Pecahan Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH) Pada Siswa Kelas V SDN Kuin Selatan 6 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Ririanti Rachmayanie J., S.Psi, M.Pd

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Perkalian dan Pembagian Berbagai Bentuk Pecahan, Problem Based Learning (PBL), Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH) 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika pada materi Perkalian dan Pembagian Berbagai Bentuk pecahan di kelas V SDN Kuin Selatan 6. Oleh karena itu, perlu dilakukan solusi model pembelajaran dengan kombinasi model PBL (Problem Based Learning), NHT (Numbered Heads Together) dan CRH (Course Review Horay) dengan tujuan untuk mendiskripsikan aktivitas guru, serta menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajar pada pelajaran Matematika materi Perkalian dan Pembagian Berbagai Bentuk Pecahan di kelas V SDN Kuin Selatan 6. 

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan mengikuti prosedur Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 siklus dan terdiri dari 1 kali pertemuan tiap siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes tertulis individu pada setiap kali akhir pembelajaran, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 mencapai kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 4 mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 mencapai kriteria “Cukup Aktif”, dan meningkat pada pertemuan 4 mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Begitu pula pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 40% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93,75%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa melalui kombinasi model PBL (Problem Based Learning), NHT (Numbered Heads Together) dan CRH (Course Review Horay) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Kuin Selatan 6 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti selanjutnya agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dan meningkatkan kualitas belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI