DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK MENGENAL SEBAB AKIBAT MENGGUNAKAN MODEL DEMONSTRATION DIKOMBINASIKAN DENGAN PICTURE AND PICTURE DAN MAKE A MATCH PADA KELOMPOK B PAUD TERPADU AISYIYAH 2 BANJARMASIN
PENGARANG:VERONIKA DAMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-25


ABSTRAK

Damayanti, Veronika. 2019. Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Mengenal Sebab Akibat Menggunakan Model Demonstration Dikombinasikan Dengan Picture And Picture dan Make A Match Pada  Kelompok B PAUD Terpadu Aisyiyah 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Aspek Kognitif, Mengenal Sebab Akibat, Model Demonstration, Picture And Picture Dan Make A Match.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aspek kognitif anak dalam mengenal sebab akibat. Beberapa akibat yang ditimbulkan yaitu kurangnya kemampuan anak dalam memahami materi yang dijelaskan, rendahnya kemampuan mengingat anak tentang suatu konsep, serta kurangnya semangat anak dalam mengikuti pembelajaran. Adapun hal ini terjadi disebabkan pembelajaran yang masih belum bersifat konkret, penjelasan materi/topik yang sulit diingat oleh anak, serta proses pembelajaran yang kurang menarik perhatian dan minat anak.Solusinya adalah dengan menggunakan model demonstration dikombinasikan dengan picture and picture dan make a match. Tujuannya adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan untuk meningkatkan hasil pengembangan kognitif anak.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD Terpadu Aisyiyah 2 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. Jenis data yang dipakai adalah data kualitatif dan kuantitatif.

            Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas aktivitas guru yang semula mencapai kriteria “Baik” pada pertemuan 1 menjadi kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan 4. Aktivitas anak pada pertemuan 1 mencapai kriteria “Kurang Aktif” menjadi kriteria “Sangat Aktif” pada pertemuan 4. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal hasil pengembangan kognitif anak mencapai 6,25% kemudian meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4.

Simpulan dari penelitian ini adalah model demonstration dikombinasikan dengan picture and picture dan make a match dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal sebab akibat tentang lingkungannya pada tema alam semesta di kelompok B di PAUD Terpadu Aisyiyah 2 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk anak dalam mengenal sebab akibat tentang lingkungannya pada tema alam semesta.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI