DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Membaca Pemahaman Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Bahasa Indonesia Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin.
PENGARANG:ERDIA HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-25


Hasanah, Erdia. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Membaca Pemahaman Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Bahasa Indonesia Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Membaca Pemahaman, CIRC, NHT, dan CRH. 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar keterampilan membaca pemahaman tema daerah tempat tinggalku muatan Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin. Penyebabnya yaitu model dan metode yang digunakan bersifat satu arah, kurang memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran membaca, kurang menumbuhkan minat membaca siswa, dan kurangnya variasi model pembelajaran. Untuk mengatasinya dengan menggunakan kombinasi model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah 20 siswa. Jenis data dalam peelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai skor 13 dengan kriteria “cukup baik”, meningkat hingga pertemuan 4 mencapai skor 22 dengan kriteria “sangat baik”. aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 30% dengan kriteria “kurang aktif”, meningkat hingga pertemuan 4 mencapai 90% dengan kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 30%, meningkat hingga pertemuan 4 mencapai skor 95%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI