DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (MM), STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VA SDN KELAYAN SELATAN 10 BANJARMASIN
PENGARANG:NURMALA YUSFERIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-25


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa 

yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa tema Lingkungan Sahabat 

Kita Muatan Ilmu Pengetahuan Alam. Penyebabnya karena pembelajaran kurang 

menekankan sikap ilmiah, bersifat satu arah dan pembelajaran kurang menarik 

semangat dan antusias siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan

aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa dan untuk menganalisis hasil 

belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan Ilmu Pengetahuan 

Alam menggunakan kombinasi model pembelajaran Mind Mapping, Student 

Facilitator and Explaining dan Talking Stick.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian 

Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek

penelitian adalah siswa kelas 5A SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin dengan 

jumlah 25 siswa. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui 

observasi aktivitas guru dan siswa. Serta data kuantitatif diperoleh melalui teknik 

pengukuran hasil belajar berupa tes tertulis secara kelompok dan individu. 

Aktivitas guru dikatakan berhasil jika mencapai kriteria “Sangat Baik” dan 

aktivitas siswa mencapai 81% “Aktif dan Sangat Aktif”. Hasil belajar dikatakan 

tuntas apabila secara individual siswa mencapai nilai ≥ 70 atau secara klasikal 

mencapai 80% siswa yang mendapat ≥ 70.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I 

mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III 

mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. 

Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria sebagian aktif, pertemuan II 

mencapai kriteria sebagian besar aktif, pertemuan III mencapai kritria hampir 

seluruhnya aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria seluruhnya aktif. Hasil 

belajar siswa secara klasikal telah mencapai ketuntasan. 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model

pembelajaran Mind Mapping, Student Facilitator and Explaining dan Talking 

Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita

Muatan IPA di kelas 5A SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin dan hipotesis 

dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan 

salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang khususnya pada

tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan Ilmu Pengetahuan Alam.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI