DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (MM), STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VA SDN KELAYAN SELATAN 10 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | NURMALA YUSFERIANI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-10-25 |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa
yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa tema Lingkungan Sahabat
Kita Muatan Ilmu Pengetahuan Alam. Penyebabnya karena pembelajaran kurang
menekankan sikap ilmiah, bersifat satu arah dan pembelajaran kurang menarik
semangat dan antusias siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa dan untuk menganalisis hasil
belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan Ilmu Pengetahuan
Alam menggunakan kombinasi model pembelajaran Mind Mapping, Student
Facilitator and Explaining dan Talking Stick.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek
penelitian adalah siswa kelas 5A SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin dengan
jumlah 25 siswa. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui
observasi aktivitas guru dan siswa. Serta data kuantitatif diperoleh melalui teknik
pengukuran hasil belajar berupa tes tertulis secara kelompok dan individu.
Aktivitas guru dikatakan berhasil jika mencapai kriteria “Sangat Baik” dan
aktivitas siswa mencapai 81% “Aktif dan Sangat Aktif”. Hasil belajar dikatakan
tuntas apabila secara individual siswa mencapai nilai ≥ 70 atau secara klasikal
mencapai 80% siswa yang mendapat ≥ 70.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I
mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III
mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik.
Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria sebagian aktif, pertemuan II
mencapai kriteria sebagian besar aktif, pertemuan III mencapai kritria hampir
seluruhnya aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria seluruhnya aktif. Hasil
belajar siswa secara klasikal telah mencapai ketuntasan.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model
pembelajaran Mind Mapping, Student Facilitator and Explaining dan Talking
Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita
Muatan IPA di kelas 5A SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin dan hipotesis
dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan
salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang khususnya pada
tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan Ilmu Pengetahuan Alam.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI