DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL), TWO STAY TWO STRAY, DAN MAKE A MATCH SISWA KELAS VB SDN KUIN CERUCUK 1 BANJARMASIN
PENGARANG:AISA TIARA ANHAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-25


Anhar, Aisa Tiara. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Two Stay Two Stray , dan Make A Match Siswa Kelas VB SDN Kuin Cerucuk 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Suhaimi, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar,  Problem Based Learning (PBL), Two Stay Two Stray, Make a Match

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar matematika di kelas yang mengakibatkan hasil belajar menjadi rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran bersifat konvensional, kurang menerapkan kegiatan yang menyenangkan, serta siswa hanya mau bekerja sama dengan teman akrab saja. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Two Stay Two Stray, dan Make a Match.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Kuin Cerucuk 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang siswa. Data dianalisis secara kualitatif melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi guru dan siswa dengan indikator keberhasilan aktivitas guru ≥26 (Sangat Baik) dan aktivitas siswa ≥63% (Sangat Aktif dan Aktif). Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan indikator keberhasilan secara klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 17 meningkat pada pertemuan 4 mencapai skor 32 kriteria “Sangat Baik. Aktivitas siswa pertemuan 1 memperoleh 44% meningkat pada pertemuan 4 mencapai 96% kriteria “Aktif dan Sangat Aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 aspek kognitif 40%, aspek afektif 36%, aspek psikomotorik 44% meningkat pada pertemuan 4 aspek kognitif92%, aspek afektif96%, aspek psikomotorik92%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Two Stay Two Stray, dan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, khususnya pada pembelajaran matematika materi penyajian data.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI