DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Kemampuan Kognitif dalam Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Warna, Bentuk dan Ukuran Menggunakan Kombinasi Model Numbered Head Together (NHT), Metode Pemberian Tugas Dan Media Papan Geometri Pada Anak Kelompok B2 Paud Terpadu Pertiwi DWP Kota Banjarmasin
PENGARANG:YULIANA AZMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-25


Azmi, Yuliana. 2019. Mengembangkan Kemampuan Kognitif dalam Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Warna, Bentuk dan Ukuran Menggunakan Kombinasi Model Numbered Head Together (NHT), Metode Pemberian Tugas dan Media Papan Geometri Pada Anak Kelompok B2 PAUD Terpadu Pertiwi DWP Kota Banjarmasin. Skripsi, Program PG-PAUD FKIP Lambung Mangkurat University Banjarmasin, Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd.

Kata Kunci : Kognitif,  Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Warna, Bentuk dan Ukuran, Model Numbered Head Together (NHT), Metode Pemberian Tugas, Media Papan Geometri.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan aspek kognitif anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran. Hal ini terjadi karena media yang digunakan kurang bervariasi serta bahasa yang digunakan guru dalam proses pembelajaran sulit dipahami oleh anak. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran menggunakan kombinasi model Numbered Head Together (NHT), Metode Pemberian Tugas dan Media Papan Geometri Pada Anak Kelompok B2 PAUD Terpadu Pertiwi DWP Kota Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran.

Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam  4 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilakukan pada anak Kelompok B2 PAUD Terpadu Pertiwi DWP kota Banjarmasin dengan jumlah 10 orang anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, hasil perkembangan anak dalam pengembangan kognitif anak. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik dan aktivitas anak memenuhi kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan memenuhi kategori berkembang sangat baik (BSB).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru saat mengembangkan kognitif anak melalui model Numbered Head Together (NHT), metode Pemberian Tugas dan Media Papan Geometri, yaitu mendapatkan kriteria sangat baik, (2) aktivitas anak mendapat kriteria sangat aktif, (3) hasil perkembangan kognitif anak disetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan mendapatkan kategori berkembang sangat baik (BSB). 

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran menunjukkan peningkatan yang membaik, sehingga mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dan disarankan kepada guru untuk menjadikan bahan pertimbangan dalam pembelajaran di TK dengan menggunakan kombinasi model Numbered Head Together (NHT), metode Pemberian Tugas dan Media Papan Geometri, karena dapat mengembangkan hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI