DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Aspek Nilai Agama Dan Moral Dalam Membedakan Perilaku Baik Dan Buruk Menggunakan Kombinasi Metode Bercerita, Model Examples Non Examples Dan Model Talking Stick Pada Anak Kelompok B Tk Annisa Kabupaten Barito Kuala
PENGARANG:RAHMATUN LIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-25


ABSTRAK

Lia, Rahmatun. 2019. Mengembangkan Aspek Nilai Agama dan Moral dalam Membedakan Perilaku Baik dan Buruk Menggunakan Kombinasi Metode Bercerita, Model Examples Non Examples dan Model Talking Stick Pada Anak Kelompok B TK Annisa Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd.

 

Kata Kunci : Nilai Agama dan Moral, Perilaku Baik dan Buruk, Bercerita, Examples Non Examples dan Talking Stick.

 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya hasil perkembangan aspek nilai agama dan moral anak dalam membedakan perilaku baik dan buruk. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran kurang menarik, pembelajaran seringkali tidak menggunakan contoh dan kegiatan pembelajaran bersifat satu arah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan aspek nilai agama dan moral anak dalam membedakan perilaku baik dan buruk dengan menggunakan kombinasi metode Bercerita, model Examples Non Examples dan model Talking Stick pada anak kelompok B TK Annisa Kabupaten Barito Kuala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam membedakan perilaku baik dan buruk.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksnakan di TK Annisa Kabupaten Barito Kuala pada kelompok B yang berjumlah 15 orang anak, terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Data penelitian ini diperoleh dari data kualitatif dan data kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai ≥25 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak mencapai ≥82% dengan kategori sangat aktif, dan hasil perkembangan anak mendapat simbol bintang (((( (Berkembang Sangat Baik). 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral dalam membedakan perilaku baik dan buruk menggunakan kombinasi metode bercerita, model examples non examples dan model talking stick dengan indikator yang ditetapkan, yaitu terlaksana dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak meningkat dengan kriteria sangat aktif dan hasil perkembangan aspek nilai agama dan moral anak disetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan mendapatkan bintang  (((( atau berkembang sangat baik (BSB). 

 

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan nilai agama dan moral anak dalam membedakan perilaku baik dan buruk menunjukkan peningkatan yang membaik, sehingga mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Dan disarankan kepada guru untuk menjadikan bahan pertimbangan dalam pembelajaran di TK dengan menggunakan kombinasi Metode Bercerita, Model Examples Non Examples dan Model Talking Stick, karena dapat Mengembangkan hasil perkembangan anak. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI