DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MUSIK DANGDUT BANJAR DI RADIO PELANGI FM BANJARMASIN TAHUN 1993-2018
PENGARANG:Menik Evy Hargana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-25


ABSTRAK

 

Menik Evy Hargana, 2019. Musik Dangdut Banjar di Radio Pelangi FM Banjarmasin tahun 1993-2018. (Pembimbing I Wisnu Subroto, S.S.,M.A dan Pembimbing II Melisa Prawitasari, M.Pd).

Latar belakang penelitian ini berdasarkan pada eksistensi radio Pelangi FM Banjarmasin yang memiliki ciri khas musik bergenre dangdut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang berdirinya Radio Pelangi FM Banjarmasin pada tahun 1993-2018 dan perkembangan program musik dangdut Banjar di Radio Pelangi FM pada tahun 1993-2018.

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode historis atau sejarah. Metode tersebut terdiri atas 4 tahapan yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historigrafi

Hasil dari penelitian ini adalah latar belakang berdirinya Radio Pelangi FM di Kota Banjarmasin. Program musik dangdut Banjarmasin di Radio Pelangi FM pada tahun 1993-2018 berkembang dengan pesat. Pada tahun 1990-an, musik dangdut sudah membumi di wilayah Banjarmasih oleh semua kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah musik dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik yang berkembang di Indonesia. Musik dangdut Banjar mulai dikenal dan berkembang di Kota Banjarmasin sejak tahun 1990-an hingga 2000-an. Hadirnya radio Pelangi FM yang mengusung genre musik dangdutsemakin membuat masyarakat Kota Banjarmasin antusias untuk mendengarkan radio, hal tersebut membuat nilai sosial masyarakat kota Banjarmasin semakin tinggi.

 

 

Kata Kunci:Radio, Radio Pelangi FM, Musik Dangdut, Musik Dangdut Banjar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI