DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DENGAN MUATAN PPKN MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), THINK PAIR AND SHARE (TPS), DAN SNOWBALL THROWING PADA KELAS IV SDN KUIN CERUCUK 1 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI ISNANIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-25


Permasalahan penelitian ini adalah pada proses pembelajaran siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran berlangsung satu arah. Hal tersebut berdampak pada aktivitas dan hasil belajar anak yang tidak akan maksimal, sehingga perlu diadakan penelitian ini. Tujuannya untuk mengidentifikasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada penelitian ini.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kuin Cerucuk 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 26 meningkat pada pertemuan 3 menjadi 38 dengan kategori Sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh 68% meningkat pada pertemuan 3 menjadi 91% dengan kriteria Sangat Aktif. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 pada aspek kognitif memperoleh 73%, aspek afektif 68%, aspek psikomotorik 73% meningkat pada pertemuan 3 aspek kognitif menjadi 91%, aspek afektif 91%, dan aspek psikomotorik 91%.Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Think Pair and Share (TPS), dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dan saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternative guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI