DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS), TALKING STICK, COURSE REVIEW HORAY (CRH) DAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DI KELAS IV SDN KELAYAN BARAT 1 BANJARMASIN
PENGARANG:M. RIDHO NAFARIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-26


Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Think Pair Share, Talking Stick, Course Review Horay, Media Teka Teki Silang.Aktivitas belajar siswa, cenderung pasif.

 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut diberikan inovasi pembelajaran dengan mengombinasikan model pembelajaranThink Pair Share (TPS, Talking Stick, Course Review Horey (CRH),ditunjang dengan media teka teki silang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajarsiswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuandengan jumlah siswa22 orang yang terdiri dari10siswa laki-laki dan 12siswa perempuan. Data yang dianalisis berupa kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai 17 -20 dengan kualifikasi Sangat Baik,aktivitas siswa 76%-100%termasukkualifikasiSangat Aktif,serta hasil belajar siswa mencapai nilai ketuntasan≥70Hasil penelitian pada pertemuan ke 4 menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh skor 18 dengan kategori“Sangat Baik”. Aktivitassiswasecara klasikal memperoleh 95% dengan kategori“Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar meningkat 100%.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Think Pair Share(TPS), Talking Stick, Course Review Horay(CRH)dan Media Teka-Teki Silang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar yang baik. Oleh karena itu, disarankan kepada guru agar menggunakan kombinasi model pembelajaran tersebut sebagaialternatif dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI