DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DENGAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC), MIND MAPPING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IVB SDN KELAYAN SELATAN 10 BANJARMASIN
PENGARANG:KARTIKA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-25


Sari, Kartika. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Membaca Pemahaman dengan Kombinasi Model Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC), Mind Mapping dan Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas IVB  SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D.

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Mind Mapping dan Numbered Head Together (NHT).

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya partisipasi aktif siswa, pembelajaran kurang bermakna, serta pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan bagi siswa mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia tema Keragaman di Negeriku kelas IVB SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin. Disebabkan pembelajaran berlangsung satu arah, pembelajaran kurang bermakna karena tidak membaca pemahaman, dan model yang digunakan tidak bervariasi. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui kombinasi model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Mind Mapping dan Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan yang bertempat di kelas IVB SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin, pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengambilan data dengan cara observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes tertulis. Aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai skor 21 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa apabila mencapai skor 21 dengan kriteria “Sangat Aktif”, sedangkan hasil belajar ketuntasan individu mencapai nilai 70 dan ketuntasan klasikal mencapai 80% siswa yang berhasil secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria sangat baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 55%, pertemuan II mencapai 65%, pertemuan III mencapai 80%, dan pertemuan IV mencapai 95%.

Kesimpulan penelitian ini bahwa kombinasi model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Mind Mapping dan Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI