DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TENTANG CERITA FIKSI DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) SISWA KELAS 4 SDN TELAGA BIRU 8 BANJARMASIN
PENGARANG:SISI DIANA WILANDASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-26


Wilandasari, Sisi Diana, 2019.Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Tentang Cerita Fiksi  Dengan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Dikombinasikan Dengan Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH) Siswa Kelas 4 SDN Telaga Biru 8 Banjarmasin. Skripsi PG-PSD Program Studi PGSD FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing  Drs.Mahmuddin, M.Pd.

Kata Kunci: Keterampilan Membaca,  Cerita Fiksi,Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay.

Permasalahan penelitian tindakan ini dilakukan karena hasil belajar siswa di kelas 4 SDN Telaga Biru 8 Banjarmasin dalam membaca pemahaman tentang cerita fiksi hal ini dibuktikan berdasarkan tes dimana siswa belum mencapai KKM 65. Hali ini dikarenakan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran, siswa hanya sebatas melaksanakan tugas untuk membaca saja tetapi tidak memahami isi bacaan atau makna yang mereka baca. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut, maka peneliti menggunakan kombinasi model CIRC, NHT dan CRH.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah kelas 4 SDN Telaga Biru 8 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 34 siswa, terdiri 16 lakilaki dan 18 perempuan. Analisis data berupa data kualitatif diperoleh dari data hasil observasi aktivitas guru dan siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi belajar siswa. Indikator keberhasilan adalah apabila telah memenuhi kriteria keberhasilan dan ketuntasan yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru meningkat dari siklus I mencapai skor 29 dengan kategori baik, meningkat di siklus II mencapai skor 35 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I 62% dengan kategori cukup aktif meningkat pada siklus II mencapai 94% dengan kategori  sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 56% masih dibawah KKM meningkat pada siklus II menjadi 88%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar pada materi membaca pemahaman pada cerita fiksi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepasa guru dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran khususnya pada materi membaca pemahaman teks cerita fiksi.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI