DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Mengenal Pemerintahan Tingkat Pusat Melalui Model Think Pair Share Kombinasi Make A Macth IV Semester 2 SDN Anjir Muara Lama.
PENGARANG:YESSI FATMASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-26


Fatmasari, Yessi. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Mengenal Pemerintahan Tingkat Pusat Melalui Model Think Pair Share Kombinasi Make A Macth IV Semester 2 SDN Anjir Muara Lama. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd., 

Kata Kunci : Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, dan Think Pair Share Kombinasi Make A Match.

Permasalahan yang terjadi ialah kurangnya aktivitas belajar siswa dan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn disebabkan siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa sering melakukan kegiatan sendiri pada waktu pelajaran berlangsung. Hal ini tentunya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa masih di bawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, oleh karena itu perlu dilakukan solusi dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Think Pair Share Kombinasi Make A Match IV Semester 2 SDN Anjir Muara Lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar pada pembelajaran PKn di kelas IV Semester 2 SDN Anjir Muara Lama.

Penelitian ini dilaksanakan dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ialah aktivitas guru berhasil apabila nilainya berada pada minimal kriteria sangat baik dengan skor ≥ 17-21, aktivitas siswa dapat mencapai minimal 82% yang berada pada kriteria sangat aktif serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 4 memperoleh skor maksimal yaitu 24 dengan kriteria sangat baik. Dan peningkatan aktivitas siswa pada pertemuan 4 memperoleh 60% dengan kriteria sangat aktif serta hasil belajar siswa pada pertemuan 4 meningkat menjadi 100%.

Berdasarkan temuan dari penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Think Pair Share Kombinasi Make A Match  menunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar siswa meningkat. Saran bagi kepala sekolah dan guru bahwa hasil penelitian ini agar dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar bagi siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI