DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION, STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN ALALAK UTARA 2 BANJARMASIN
PENGARANG:RAUDHATUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-26


Jannah, Raudhatul. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Kombinasi Model Direct Instruction, Student Teams Achievement Division, dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN Alalak Utara 2 Banjarmasin”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. M. Saleh, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Keliling dan Luas Bangun Datar, Direct Instruction, Student Teams Achievement Division, Talking Stick.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SDN Alalak Utara 2 Banjarmasin materi keliling dan luas bangun datar. Hal ini disebabkan karena materi sulit dimengerti, pembelajaran satu arah,  pembelajaran kurang menarik dan tidak menggunakan media. Permasalahan inilah yang mengakibatkan nilai hasil belajar siswa berada di bawah KKM yang telah ditetapkan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti menggunakan kombinasi modelModel Direct Instruction, Student Teams Achievement Division dan Talking Stick dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV SDN Alalak Utara 2 Banjarmasin tahun 2018/2019, dengan jumlah 14 siswa laki – laki dan 7 siswa perempuan. Data penelitian diperoleh dari data kualitatif didapat melalui instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dan data kuantitatif yang di dapat melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis. Indikator keberhasilan yaitu aktivitas guru mencapai skor 30-36 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa secara klasikal mencapai ≥82% siswa aktif dan sangat aktif dan ketuntasan belajar siswa secara individu apabila mencapai mencapai nilai ≥65 sesuai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), sedangkan secara klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Siklus I memperoleh skor 28 dengan kriteria Baik, mengalami peningkatan pada Siklus II mencapai skor 35 dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa secara klasikal Siklus I 71,4% meningkat pada Siklus II menjadi 95,2%. Hasil belajar siswa pada Siklus I dan Siklus II juga mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal 66,7% menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Direct Instruction, Student Teams Achievement Division dan Talking Stickdapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran Matematika terutama materi keliling dan luas bangun datar. Disarankan dengan menggunakan model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam pembelajaran khususnya materi keliling dan luas bangun datar.

 

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI