DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENYEDERHANAKAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIKOMBINASIKAN DEMONSTRATION DAN PAIR CHECK PADA SISWA KELAS IV UPTD SDN DAMIT HULU PELAIHARI
PENGARANG:SYARIF HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-26


ABSTRAK

Hidayat, Syarif. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Menyederhanakan Pecahan dengan Menggunakan Model Problem Based Learning diKombinasikan Demonstration dan Pair Check Siswa Kelas IV UPTD SDN Damit Hulu Pelaihari. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Mohammad Dani Wahyudi, S.pd.i, M. pd

Kata Kunci: Hasil Belajar, Menyederhanakan Pecahan, Problem Based Learning, Demonstration, Pair Check.

Selama ini permasalahan pembelajaran matematika di kelas IV UPTD SDN Damit Hulu Pelaihari yaitu hasil belajar siswa selama 3 tahun terakhir cenderung tidak tuntas dari KKM 65 dengan ketuntasan 80%. Upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Demonstration dan Pair Check. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di UPTD SDN  Damit Hulu Pelaihari pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 18 orang tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa, serta tes tertulis untuk hasil belajar siswa. Aktivitas guru dikatakan berhasil apabila berada pada kategori baik atau sangat baik, aktivitas siswa skor yang didapatkan harus berada pada kategori aktif atau sangat aktif, sedangkan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal mencapai ketuntasan apabila mencapai KKM serta indikator yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning DiKombinasikan Demonstration dan Pair Check, aktivitas guru pada siklus 1 memperoleh skor 29 dengan predikat “cukup baik” dan mencapai skor maksimal 43 dengan predikat “sangat baik” pada Siklus 4. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus 1 Memperoleh 50% dan meningkat menjadi 88,8% pada siklus 4.  Hasil belajar siswa mencapai indikator indikator keberhasilan yang diharapkan, pada siklus 1 mencapai 50% dan terjadi peningkatan 88,9% pada siklus 4 dengan KKM 65.

Simpulan penelitian ini adalah aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa di dalam pembelajaran sangat aktif, hasil belajar telah mencapai ketuntasan baik secara individu maupun klasikal telah meningkat. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model Problem Based Learning dengan Demonstration dan Pair Check sebagai alternatif dalam memilih model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI