DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN TALKING STICK KELAS V DI SDN ALALAK SELATAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:HUSNUL KHATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-26


ABSTRAK

Khatimah, Husnul. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Talking Stick Kelas V di SDN Alalak Selatan 3 Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd

Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial, Group Investigation, Numbered Heads Together, Talking Stick.

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya Aktivitas Belajar Siswa, karena siswa kurang berfikir kritis, merasa bosan dan tidak antusias, dan kurang kurang siap dalam mengemukakan pendapat sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas V di SDN Alalak Selatan 3 Banjarmasin pelajaran IPS. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas belajar siswa yaitu melalui model Group Investigation dikombinasi dengan Numbered Heads Together dan Talking Stick pada penelitian tindakan kelas di SDN Alalak Selatan 3 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Alalak Selatan 3 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria sangat baik, pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, pertemuan 3 mencapai kriteria aktif dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal siswa hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 51,35%, pertemuan 2 mencapai 70,27%, pertemuan 3 mencapai 75,67% dan pertemuan 4 mencapai 94,59%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation dikombinasikan model Numbered Heads Together dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita kelas V di SDN Alalak Selatan 3 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Asapun saran bagi guru, kepala sekolah da peneliti lain agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI