DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KESANTUNAN TINDAK TUTUR BAHASA BANJAR DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR SENIN MANDASTANA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:NORHAYATI
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-09-26


Kata kunci: kesantunan, bahasa Banjar, transaksi jual-beli


Kesantunan berbahasa adalah etika dalam bersosialisasi di masyarakat dengan pemilihan kata yang baik dan memperhatikan ke mana, kapan, kepada siapa, dengan apa yang kita berbicara santun. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi objektif tentang (1) keberadaan kesantunan negatif dan positif (2) strategi kesantunan negatif dan positif (3) fungsi kesantunan negatif dan positif dalam transaksi jual beli di pasar Senin Mandastana.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah dari pembeli dan penjual dalam transaksi penjualan yang mengandung kesantunan. Data diperoleh melalui rekaman. Data penelitian ini meliputi catatan tuturan bahasa Banjar dalam transaksi jual beli di pasar senin Mandastana Kabupaten Barito Kuala.
Hasil penelitian dalam transaksi penjualan menunjukkan bahwa wujud kesantunan berbahasa Banjar dalam transaksi jual beli di Pasar Senin Mandastana ialah kalimat deklaratif, imperatif, dan interogatif. Strategi kesantunan berbahasa Banjar dalam transaksi jual beli di Pasar Senin Mandastana, yaitu strategi kesantunan positif, negatif dan off-record. Fungsi kesantunan berbahasa Banjar dalam transaksi jual beli di Pasar Senin Mandastana, yaitu fungsi menanyakan, menyatakan, dan memerintah yang dilakukan oleh penutur. Fungsi menjawab, fungsi menjawab sekaligus menolak, dan fungsi menjawab sekaligus menerima yang dilakukan oleh mitra tutur.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI