DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar PPKN Kombinasi Model Team Assisted Individualization (TAI), Numbered Heads Together (NHT), dan Team Games Tournament (TGT) Siswa Kelas V SDN Pengambangan 9 Banjarmasin
PENGARANG:ALIA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-27


Putri, Alia. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar PPKn Kombinasi Model Team Assisted Individualization (TAI), Numbered Heads Together (NHT), dan Team Games Tournament (TGT) Siswa Kelas V SDN Pengambangan 9 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Suhaimi, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar,Team Assisted Individualization, Numbered Heads Togerther, dan Team Games Tournament.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran cenderung bersifat satu arah dan kegiatan pembelajaransebagian besar dilaksanakan secara individusehingga siswa kurang terbiasa dalambekerja sama dan berpikir kritis. Siswa juga kurang aktif dalam menyampaikan pendapat serta mengajukan pertanyaan. Kemudian siswa terlihat kurang antusias dan tertarik dalam mengikuti kegiatan sehingga mengakibatkan rendahnya ativitas danhasil belajar siswa. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas belajar yaitu melalui kombinasi model Team Assisted Individualization, Numbered Heads Togerther, dan Team Games Tournament. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pengambangan 9 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kualitas aktivitas guru yang semula mencapai kriteria “Baik” pada pertemuan 1 menjadi kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan 4. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria “Cukup Aktif menjadi kriteria “Sangat Aktif”pada pertemuan 4. Pada pertemuan 1ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 63% kemudian meningkat menjadi 97% pada Pertemuan 4. Pada pertemuan 1ketuntasan klasikal hasil belajar afektif mencapai 66% kemudian meningkat menjadi  91% pada pertemuan 4. Serta pada pertemuan I ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotorik mencapai 60% dan pada pertemuan 4 mencapai 91%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Team Assisted Individualization (TAI), Numbered Heads Togerther (NHT),dan Team Games Tournament (TGT)dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PPKndi kelas V SDN Pengambangan 9 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk mata pelajaran muatan PPKn di kelas V.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI