DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MENJAWAB PERTANYAAN SEDERHANA MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE STORY TELLING DAN MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK BUDI HARAPAN SUNGAI ANDAI BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:AISYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-27


Aisyah. 2019 “Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Dalam Menjawab Pertanyaan Sederhana Menggunakan Kombinasi Metode Story Telling dan Model Talking Stick dengan Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Budi Harapan Sungai Andai Banjarmasin Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M. Pd., Ph. D.

Kata Kunci: Bahasa, Menjawab Pertanyaan Sederhana, Story Telling, Talking Stick, Media Boneka Tangan

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan kemampuan bahasa anak dalam menjawab pertanyaan sederhana pada anak kelompok A TK Budi Harapan Sungai Andai Banjarmasin Utara. Hal ini disebabkan kurang jelasnya dalam menyampaikan informasi, anak diberikan pertanyaan yang terlalu panjang dan sulit untuk dipahami dan kegiatan pembelajaran hanya ceramah tanpa menggunakan media, untuk mengatasi hal tersebut maka pembelajaran melalui metode story telling dan talking stick dengan media boneka tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kemampuan bahasa anak dalam menjawab pertanyaan sederhana.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan tiga kali pertemuan. Setting penelitian ini dilaksanakan dikelompok A TK Budi Harapan Sungai Andai Banjarmasin Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat baik, aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan kemampuan bahasa anak minimal 82% mendapat nilai ???dan????

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dalam 3 kali pertemuan dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak meningkat pada pertemuan 3 dengan hasil sangat aktif, dan hasil perkembangan kemampuan bahasa anak mengalami peningkatan pada pertemuan terakhir dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan kombinasi metode story telling, model talking stick, media boneka tangan dapat meningkatkan hasil aktivitas guru, aktivitas anak dan perkembangan kemampuan bahasa anak pada setiap pertemuannya. Dengan peneliti ini pula, hendaknya guru lebih terampil dalam menggunakan model-model dan media pembelajaran yang variatif, sehingga anak dapat termotivasi dalam kegiatan belajar secara menyeluruh.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI