DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DALAM MENGUNGKAPKAN PERASAAN DENGAN KATA SIFAT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL ROLE PLAYING DAN TALKING STICK DENGAN MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK A TK RANU TUNAS ISLAM BANJARMASIN
PENGARANG:AMINATU RIDHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-27


Ridha, Aminatu. 2019 “Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak dalam Mengungkapkan Perasaan dengan Kata Sifat Menggunakan Kombinasi Model Role Playing, dan Talking Stick dengan Media Boneka Jari pada Anak Kelompok A Tk Ranu Tunas Islam Banjarmasin”.Skripsi Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd.I,M.Pd.

Kata kunci : Bahasa dalam Mengungkapkan Perasaan dengan Kata Sifat, Model Role Playing, Talking Stick dan Media Boneka Jari.

                                

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan bahasa dalam mengungkapkan perasaan dengan kata sifat. Dimana aktivitas anak yang belum optimal menyebabkan belum berkembangnya aspek Bahasa anak dalam mengungkapkan perasaan dengan kata sifat. Sehingga mengakibatkan Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan aspek bahasa dalam mengungkapkan perasaan dengan kata sifat dengan menggunakan kombinasi model Role Playing model Talking Stick dan Media Boneka Jari pada anak kelompok A TK Ranu Tunas Islam Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam menunjukkan aktivitas anak dalam mengungkapkan perasaan dengan kata sifat.

Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 3 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A TK Ranu Tunas Islam dengan jumlah anak sebanyak 10 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, hasil perkembangan anak dalam pengembangan bahasa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik dan aktivitas anak mendapat kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan memenuhi kategori berkembang sangat baik (BSB).

 

 
 
 
 
 
 
 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru saat mengembangkan bahasa melalui model Role Playing, model Talking Stick dan media boneka jari dengan indikator yang ditetapkan, yaitu mendapat kriteria sangat baik, aktivitas anak mendapat kriteria sangat aktif, hasil perkembangan aspek bahasa anak disetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan mendapat bintang                     dan                    atau berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan bahasa anak dalam mengungkapkan perasaan dengan kata sifat menunjukkan peningkatan yang membaik, sehingga mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Dan disarankan kepada guru untuk menjadikan bahan dalam pembelajaran di TK dengan menggunakan kombinasi model Role Playing, model Talking Stick dan media Boneka Jari karena dapat mengembangkan hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI