DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU MUATAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING, DIKOMBINASIKAN DENGAN OUTBOUND, DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS IV SDN PEKAUMAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:H IDAYATURRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-27


Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang terlibat secara aktif pada proses pembelajaran dan tidak ada pembelajaran yang bersifat ilmiah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Pekauman 2 Banjarmasin muatan IPA. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilaksanakan tidak menggunakan model-model pembelajaran, pada proses belajar anak tidak mengacu pada pembelajaran ilmiah yang berpikir kritis dan hanya terpacu dalam buku. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas belajar yaitu menggunakan model Inkuiri Terbimbing, dikombinasikan dengan Outbound dan Word Square.Dengan tujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan pada empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Pekauman 2 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan deskriptif analisis dengan cross tabulasi menggunakan presentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria baik, sampai siklus II mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada Siklus I mencapai kriteria aktif, Siklus II mencapai kriteria sangat aktif. Pada Siklus I ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 64,3%, afektif 78,6%, dan psikomotorik 71,4%. Pada Siklus II ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 78,6%, afektif 78,6%, dan psikomotorik 92,9%. Pada Siklus III ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 85,7%, afektif 85,7%, dan psikomotorik 92,9%. Pada Siklus IV ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 92,9%, afektif 92,9%, dan psikomotorik 92,9%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa ModelInkuiri Terbimbing, dikombinasikan dengan Outbound dan Word Square dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku kelas IV SDN Pekauman 2 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima.Sehingga disarankan kepada guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternatif untuk memilih model pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI