DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN KOMBINASI NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN ALAT PERAGA GEOBOARD PADA SISWA KELAS IVB SDN SEMANGAT DALAM 3 BARITO KUALA
PENGARANG:NOVIANTY RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-27


Rahayu, Novianty. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Luas Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dengan Kombinasi Numbered Head Together (NHT) dan Alat Peraga Geoboard Pada Siswa Kelas IVB SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala. Skripsi Program Studi PGSD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Drs. Sunarno, M.Pd Kata kunci : Hasil Belajar, Luas Bangun Datar, Student Facilitator and Explaining, Numbered Head Together, dan Alat Peraga Geoboard. Permasalah penelitian ini adalah materi luas bangun datar tergolong sulit karena pemahaman konsep siswa sering tidak tepat. Kurangnya motivasi siswa pada pembelajaran matematika, lemahnya operasi hitung perkalian dan pembagian. Siswa juga kurang terlibat langsung dan kurang berinteraksi selama pembelajaran serta penyajian pembelajaran masih bsersifat abstrak sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta menganalisis hasil belajar materi luas bangun datar menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dengan Kombinasi Numbered Head Together (NHT) dan Alat Peraga Geoboard . Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam II siklus dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala tahun pembelajaran 2018/2019 dengan jumlah 32 siswa terdiri dari 21 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan aktivitas guru mencapai skor ?26 dengan kategori “Sangat aktif”, aktivitas siswa secara klasikal mencapai ?80% siswa berada pada kriteria aktif dan sangat aktif, dan hasil belajar memperoleh niali ?70, secara klasikal ?80% dari seluruh jumlah siswa mendapat nilai ?70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dengan Kombinasi Numbered Head Together (NHT) dan Alat Peraga Geoboard pada materi luas bangun datar di kelas IVB SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala aktivitas guru terlaksana sesuai harapan dengan kategori “Sangat aktif”. Pada aktivitas siswa dan hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sesuai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Dari hasil penelitian saran untuk para guru disekolah dasar agar menjadikan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dengan Kombinasi Numbered Head Together (NHT) dan Alat Peraga Geoboard ini sebagai salah satu alternatif upaya membuat pembelajaran matematika pada materi luas bnagun datar menjadi menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar secara optimal.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI