DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Mengembangkan Kemampuan Aspek Nilai Agama Moral Anak dalam Membiasakan Diri Beribadah (Wudhu) Menggunakan Kombinasi Model Talking Stick, Model Picture and Picture, dan Model Explicit Intruction pada Anak Kelompok B Tk Islam Al-Khair Banjarmasin
PENGARANG:RAUDATUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-27


ABSTRAK Jannah, Raudatul. 2019. “Upaya Mengembangkan Kemampuan Aspek Nilai Agama Moral Anak dalam Membiasakan Diri Beribadah (Wudhu) Menggunakan Kombinasi Model Talking Stick, Model Picture and Picture, dan Model Explicit Intruction pada Anak Kelompok B Tk Islam Al-Khair Banjarmasin”. Skripsi Program S1 Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM. Pembimbing Dr. Ririanti Rachmayanie J., S.Psi, M.Pd Kata kunci : Nilai Agama Moral, Membiasakan Diri Beribadah (Wudhu), Model Talking Stick, Picture And Picture, Explicit Intruction. Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya kemampuan aspek nilai agama moral dalam membiasakan diri beibadah (wudhu). Hal ini dikarenakan anak merasa tidak tertarik atau bosan dalam mengikuti pembelajaran, anak kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, dan anak belum mampu memahami dalam pembelajaran membiasakan diri beribadah (wudhu). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas anak, dan menganalisis hasil pengembangan kemampuan aspek nilai agama moral dalam membiasakan diri beribadah (wudhu). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Islam Al-Khair Banjarmasin yang berjumlah 12 orang anak yang terdiri dari 7 orang anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah pengembangan aspek nilai agama moral dalam membiasakan diri beribadah (wudhu). Analisis data dari aktivitas guru mencapai skor ? 81% dengan kriteria “sangat baik”, aktivitas anak secara klasikal dengan skor ? 81% dengan kriteria “sangat aktif” dan hasil pengembangan kognitif anak minimal mendapat bintang *** (BSH). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru memperoleh skor 93,75% dengan kriteria sangat baik, (2) aktivitas anak secara klasikal memperoleh skor 92% dengan kriteria sangat aktif , dan (3) hasil pengembangan nilai agama moral anak ada 11 orang anak memperoleh bintang *** kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dan bintang **** berkembang sangat baik (BSB) secara klasikal memperoleh skor 92% anak berhasil berkembang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Talking Stick, model picture and picture, dan model explicit intruction dapat mengembangkan kemampuan aspek nilai agama moral pada anak kelompok B TK Islam Al-Khair Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI