DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENUNJUKKAN AKTIVITAS YANG BERSIFAT EKSPLORATIF DAN MENYELIDIKI MENGGUNAKAN VARIASI METODE DEMONSTRASI, MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DAN MODEL TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK B PAUD TERPADU AISYIYAH 39 BUSTANUL ATHFAL BANJARMASIN
PENGARANG:NURRIDHA HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-27


Hasanah, Nurridha. 2019. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Menunjukkan Aktivitas yang Bersifat Eksploratif dan Menyelidiki Menggunakan Variasi Metode Demonstrasi, Model Explicit Instruction dan Model Talking Stick. Skripsi, Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D.

Kunci: Kognitif, Metode Demonstrasi, Explicit Instruction dan Talking Stick.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya partisipasi keaktifan anak saat pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil perkembangan kognitifanak dalam menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidiki, dimana anak kurang bisa memahami sepenuhnya pembelajaran, anak tidak terlibat aktif dalam proses kegiatan percobaan sederhana dan anak cepat lupa dengan pembelajaran yang sudah diajarkan. Hal ini terjadi karena kurangnya pengembangankognitif pada anak sehinggaanak kurang dalam pelaksanaan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidiki. Apabila masalah ini tidak dipecahkan dampaknya anak akan mengalami kesulitan dalam kemampuan kognitifnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan anak dalam menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidiki.

Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B4 PAUD Terpadu Aisyiyah 39 dengan jumlah anak sebanyak 16 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, hasil perkembangan anak dalam pengembangan kognitif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik dan aktivitas anak memenuhi kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan memenuhi kategori berkembang sangat baik (BSB).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru saat mengembangkan kognitif melalui metode demonstrasi, model Explicit Instruction dan model Talking Stick dengan indikator yang ditetapkan, yaitu mendapatkan kriteria sangat baik, (2) aktivitas anak mendapat kriteria sangat aktif (3) hasil perkembangan aspek kognitif anak disetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan mendapatkan bintang ««« dan «««« atau berkembang sangat baik (BSB).

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif  anak dalam menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidikimenunjukkan peningkatan yang membaik, sehingga mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Dan disarankan kepada guru untuk menjadikan bahan dalam pembelajaran di TK dengan menggunakan variasi metode demonstrasi, model Explicit Instruction dan Talking Stick karena dapat mengembangkan hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI