DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN PKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) SISWA KELAS IV SDN KUPANG 1 KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:LINDA FATMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-27


Fatmawati, Linda. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Muatan PKN Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Mind Mapping, Numbered Heads Together(NHT), Dan Course Review Horay (CRH) Siswa Kelas IV SDN Kupang 1 Kabupaten Tapin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar muatan PKN, Mind Mapping, Numbered Heads Together (NHT), dan  Course Review Horay (CRH).

            Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yaitu dari KKM yang ditetapkan sekolah ≥70 mencapai ketuntasan hanya 43% (10 orang dari 23 siswa),siswa kurang memahami isi materi, siswa kurang kerjasama dalam belajar, dan kurang percaya diri. Disebabkan karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa belum belajar contoh konkret, siswa cepat bosan belajar. Hal ini akan di perbaiki dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Mind Mapping,Numbered Heads Together, dan Course Review Horay dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajarsiswa Tema 8 Daerah Tempat Tinggalkumuatan PKN.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV semester genap tahun ajaran 2018/2019 pada SDN Kupang 1 Kabupaten Tapin dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 12 perempuan. Instrumen data yang digunakan yaitu pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa dan butir-butir soal untuk hasil evaluasi belajar siswa. Cara pengumpulan data menggunakan distribusi, frekuensi, persentase, dan deskripsi.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik, pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 81%, pertemuan 2 mencapai 86%, dan pertemuan 3 mencapai 81%.

            Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Mind Mapping,Numbered Heads Together, dan Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku muatan PKN dan hipotesis diterima serta bisa dijadikan saran yaitu alternatif kepada pihak sekolah sebagai bahan pertimbangan dalam menginovasi pembelajaran disekolah.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI