DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam mengenal Lambang Huruf Menggunakan Kombinasi Model Picture And Picture, Dengan Metode Tanya Jawab Dan Model Make A Match Pada Kelompok A Paud Terpadu Amalia Kecamatan Banjarmasin Barat
PENGARANG:MUNAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


Kata Kunci: Kognitif,Mengenal Lambang Huruf,ModelPicture andPicture, Metode Tanya Jawabdan ModelMake aMatchPenelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada anak Kelompok A PAUD Terpadu Amalia, karena rendahnya hasil perkembangan aspek kognitif anak dalam mengenal lambang huruf.Hal ini terjadi karena anak sering lupa ketika mengingat konsep-konsep dalam mengenal lambang huruf, kurangnya daya tangkap anak dalam mengikuti pembelajaran, dan anak kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf menggunakan kombinasi Model Picture and Picture,dengan Metode Tanya Jawab dan ModelMake aMatchpada anak kelompok A PAUD Terpadu Amalia.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam mengenal lambang huruf.Metode penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 3 pertemuan. Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A PAUD Terpadu Amaliadengan jumlah anak sebanyak 12 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 5 anak laki-laki.Dengan indikator keberhasilan aktivitas guru memperoleh skor ≥22 atau 81% dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak secara klasikal memperoleh81% dengan kriteria sangat aktif dan hasil capaian perkembangankognitifapabila ketuntasan klasikal anak mencapai skor ≥80% memperoleh bintang 3(???) atau berkembang sesuai harapan (BSH) dan bintang 4(????) atau berkembang sangat baik (BSB).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru saat mengembangkan kemampuan kognitif anak menggunakan kombinasi model Picture and Picture, dengan metode Tanya Jawab dan model Make a Match yaitu mendapatkan kriteria Sangat Baik, (2) Aktivitas anak mendapat kriteria Sangat Aktif, (3) Hasil pencapaian perkembangan kemampuan kognitif anak disetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan mendapatkan kriteria berkembang sangat baik (BSB).Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil capaian perkembangankemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang hurufmenggunakan kombinasi Model Picture and Picturedengan Metode Tanya Jawab dan Model Make aMatchberhasil meningkat dan berkembang. Maka disarankan kepada guru supaya dapat dijadikan bahan masukan dalammemilih model pembelajaran yang tepat untukdapat meningkatkan perkembangan kognitif anak pada aspek mengenal lambang huruf dan menjadikan kombinasi model Picture and Picture,dengan Metode Tanya Jawabdan Model Make aMatchini sebagai salah satu bahan pembelajaran alternatif dalam upaya sebagai metode pembelajaran yang dapat membuat anak aktif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI