DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK DALAM MENIRUKAN GERAKAN SHALAT MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE DEMONSTRASI DAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN SNOWBALL THROWING DI KELOMPOK A PADA TK DAHLIA LEPASAN BARITO KUALA
PENGARANG:HALIMATUS SA DIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-27


Sa’diah, Halimatus. 2019. Upaya Mengembangkan Aspek Nilai Agama dan Moral Anak dalam Menirukan Gerakan Shalat Menggunakan Kombinasi MetodeDemonstrasi, Model Picture and Picture dan Model Snowball Throwing di Kelompok A TK Dahlia Lepasan Barito Kuala. Skripsi, Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung MangkuratBanjarmasin, Pembimbing Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci: Nilai Agama dan Moral dalam Menirukan Gerakan Shalat, Metode Demonstrasi,Picture and Picture, dan Snowball Throwing.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan aspek nilai agama dan moral dalam menirukan gerakan shalat. Hal ini terjadi karenaanak sulit memahami penjelasan guru, pembelajaran kurang menarik karena kurang bervariasinya model dan metode yang digunakan, anak kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran karena tidak ada unsur bermain   dalam pembelajaran baik berupa LKA yang berhubungan dengan materi gerakan shalat.Sedangkan salah satu karakteristik dari pembelajaran anak usia dini adalah melalui kegiatan yang ada unsur bermainnya. Sehingga sebagian anak tidak memiliki kemampuan nilai agama dan moral dalam menirukan gerakan shalat. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan aspek nilai agama dan moral anak dalam menirukan gerakan shalat denganmenggunakan kombinasi metode demonstrasi, modelpicture and picture dan modelsnowball throwing di kelompok A TK Dahlia Lepasan Barito Kuala.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitasguru, aktivitas anak, danhasil perkembangan anak dalam menirukan gerakan shalat.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mendapat krteria sangat baik, aktivitas anak mendapat kriteria sangat aktif, hasil perkembangan nilai agama dan moral anak mencapai bintang ««« dan «««« berkembang sesuai harapan (BSH) atau berkembang sangat baik (BSB)

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan  nilai agama dan moral anak dalam menirukan gerakan shalat  menunjukkan peningkatan yang membaik, sehingga mencapai indikator keberhasilan.Disarankan kepada guru untuk menjadikan bahan pertimbangan dalam pembelajaran di TK dengan menggunakan kombinasi metode demonstrasi, modelpicture and picture dan modelsnowball throwing, karena dapat Mengembangkan hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI