DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MIND MAPPING, COURSE REVIEW HORAY (CRH), DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SUNGAI ULIN BANJARBARU
PENGARANG:DEVI ANITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-27


Sari, Devi Anita.2019. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Menggunakan Kombinasi Model Mind Mapping, Course Review Horay(CRH), Dan Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Sungai Ulin Banjarbaru. Skripsi program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa, Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Mind Mapping, Course Review Horay(Crh), Dan Numbered Heads Together (Nht).

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam dikelas IV SDN 2 Sungai Ulin Banjarbaru. Masalah ini disebabkan siswa kurang memperhatikan/kurang memusat dalam pembelajaran, siswa cepat merasa bosan, kurang termotivasi untuk belajar, dan kurangnyaminat belajar siswa. Peneliti menggunakan kombinasi model pembelajaran Mind Mapping, Course Review Horay(CRH), Dan Numbered Heads Together (NHT) menjadi solusi untuk maslah tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam dikelas IV SDN 2 Sungai Ulin Banjarbaru.

Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu pendekatan kualitataif dan kuantitatif. Setting penelitian dilaksanakan dikelas IV SDN 2 Sungai Ulin Banjarbaru pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswi perempuan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitati yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa, dan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa. Aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai criteria “Sangat Baik” apabila mencapa dan aktivitas siswa dengan criteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa berhasil apabila ≥81% mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru yang awalnya pada pertemuan 1 mencapai kriteria “Baik” menjadi “Sangat Baik” pada pertemuan 4. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 55% dengan kriteria “Cukup Aktif” pada pertemuan 1 menjadi 89% dengan kategori “Sangat Aktif” pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1  mencapai ketuntasan klasikal 44% lalu meningkat menjadi 94% pada pertemuan 4.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunakan kombinasi model Mind Mapping, Course Review Horay(CRH), Dan Numbered Heads Together (NHT) pada pelajaran IPS materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Hasil penelitian ini mdapat dijadikan sebagai referensi penggunaan model pembelajaran untuk guru, kepala sekolah, dan peneliti selanjutnya pada mata pelajaran IPS materi

Pemanfaatan Sumber Daya Alam dikelas IV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI