DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN PEMANFAATANNYA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DIKOMBINASI DENGAN MIND MAPPING DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS IV SDN 1 MENTAOS KOTA BANJARBARU
PENGARANG:NIDA FITRIANY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-27


ABSTRAK

 

Fitriany, Nida. 2019. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya Menggunakan Model Group Investigation di Kombinasi dengan Mind Mapping, dan Word Square pada Siswa Kelas IV SDN 1 Mentaos Kota Banjarbaru”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya, Group Investigation, Mind Mapping, dan Word Square.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya, yaitu dari KKM yang ditetapkan disekolah ≥70 yang mencapai ketuntasan hanya 42% (10 dari 24 siswa). Disebabkan karena siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, tidak ada interksi sosial, siswa mudah bosan dalam pembelajaran, pembelajaran yang tidak konkret dan kontekstual yang menyebabkan pembelajaran menjadi tidak bermakna bagi siswa. Hal ini akan diperbaiki dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation, di kombinasi dengan Mind Mapping dan Word Square dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada pelajaran IPS materi Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester genap SDN 1 Mentaos Kota Banjarbaru tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 23 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan data kuantitatif yang diperoleh dari nilai hasil evaluasi belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria sangat aktif, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 53%, pertemuan 2 mencapai 83%, dan pertemuan 3 mencapai 96%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat aktif dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal. Disarankan dengan penggunaan kombinasi model Group Investigation, Mind Mapping, dan Word Square tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI