DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION KOMBINASI THINK PAIR SHARE DAN PAIR CHECK DI KELAS IV SDN 2 GUNTUNG MANGGIS BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD HANAPI RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


Permasalahan penelitian ialah antusias siswa untuk menggali informasi dan kurang memahami materi, pembelajaran didominasi oleh siswa yang memiliki kemampuan lebih, kurangnya variasi kegiatan pembelajaran, pembelajaran berlangsung satu arah dan interaksi belajar antar siswa kurang. Sehingga membuat siswa kurang memahami konsep pembelajaran materi pengukuran sudut, nilai siswa di bawah KKM yang ditentukan, siswa tidak memiliki kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah, siswa kurang memahamipenerapan materi pada kehidupan nyata.Oleh karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran menggunakan modelExplicit InstructionKombinasi Think Pair Share danPair Check dengan tujuan mendeskripsikanaktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganilis hasil belajar siswa pada materi pengukuran sudut di kelas IV SDN 2 Guntung Manggis Banjarbaru.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas IVA semester genap SDN 2 Guntung Manggis Banjarbaru tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah 32orang siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Siklus I Pertemuan Imencapai kriteria baik, Siklus II Pertemuan IImencapai kriteria baik,Siklus III Pertemuan IIImencapai kriteri sangat baik , dan Siklus IV Pertemuan IVmencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada Siklus I Pertemuan Imencapai kriteria cukup aktif, Siklus II Pertemuan IImencapai kriteria aktif, Siklus III Pertemuan IIImencapai kriteria aktif dan Siklus IV Pertemuan IVmencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada Siklus I Pertemuan Imencapai 31,25%, Siklus II Pertemuan IImencapai 50,00%, Siklus III Pertemuan IIImencapai 87,50%dan Siklus IV Pertemuan IVmencapai 93,75%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan model pembelajaran Explicit Instruction Kombinasi Think Pair Share dan Pair Check dapat meningkatkan Hasilbelajar siswa materi pengukuran sudutdi kelas IVA SDN 2 Guntung Manggis Banjarbaru. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI