DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak dalam Menyebutkan Kosakata Sederhana dengan kombinasi metode bercerita dengan Metode Tanya Jawab dan Model Snowball Throwing dengan Media Magic Box pada Anak Kelompok A TK Pembangunan Banjarmasin
PENGARANG:SITI SORAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-27


Siti Soraya. 2019. “Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak dalam Menyebutkan Kosakata Sederhana melalui Kombinasi Metode Bercerita dengan Metode Tanya Jawab dan Model Snowball Throwing dengan Media Magic Box pada Anak Kelompok A TK Pembangunan Banjarmasin”. Skripsi. Program S1 Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing. Drs. H. Ramadi., M.Pd

 

Kata Kunci: Bahasa, Bercerita, Tanya Jawab dan Snowball Throwing

 

Kemampuan bahasa anak dalam menyebutkan kosakata sederhana masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran kurang diminati anak  dan anak menyebutkan kosakata sederhana tanpa ada contoh latihan terlebih dahulu. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan bahasa anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Setting penelitian adalah anak kelompok A TK Pembangunan Banjarmasin yang berjumlah 12 anak, pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dikatakan berhasil jika aktivitas guru memperoleh skor ≥ 32 dengan kategori sangat baik, aktivitas anak memperoleh ≥82% dengan kategori sangat aktif dan hasil perkembangan bahasa mencapai ≥80% anak mendapat minimal ??? dengan kategori berkembang sesuai harapan.

Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa (1) Aktivitas guru pada pertemuan ke-1 dengan skor 20 kategori “Baik”, Pertemuan ke-2 dengan skor 25 kategori “ Baik”, pertemuan ke-3 dengan skor 29 kategori “ Sangat Baik”, dan pertemuan ke-4 dengan skor 31 kategori “Sangat Baik”. (2) Aktivitas anak pada pertemuan ke-1 dengan skor dengan skor 58,33% kategori “Cukup Aktif”, pertemuan ke-2 dengan skor 66,66% kategori “Aktif”, pertemuan ke-3 dengan skor 75% dengan skor “Aktif” dan pertemuan ke-4 dengan skor 91,67% kategori “Sangat Aktif”. (3) Hasil Perkembangan nilai bahasa dalam pertemuan terakhir mencapai 83,33% anak yang berhasil berkembang dengan mendapatkan ??? (Berkembang Sesuai Harapan) dan ???? (Berkembang Sangat Baik).

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan penerapan kombinasi Metode Bercerita dengan Metode Tanya Jawab dan Model Snowball Throwing dengan Media Magic Box dapat mengembangkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan bahasa dengan sangat baik dan sangat aktif. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI