DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN IPS MATERI JENIS DAN PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), OPEN ENDED PROBLEM (OEP), DAN SNOWBALL THROWING (ST) DI KELAS IV SDN 2 SUNGAI BESAR KOTA BANJARBARU
PENGARANG:NURFINA OKTAVIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-27


Oktavia, Nurfina. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Kayanya Negeriku Muatan IPS MateriJenis dan Persebaran Sumber Daya Alam Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Open Ended Problem (OEP), dan Snowball Throwing (ST) DiKelasIV SDN 2 Sungai BesarKota Banjarbaru. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Kayanya Negeriku, IPS, Group Investigation, Open Ended Problem, dan Snowball Throwing.

            Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa,yang menyebabkan pembelajaran bersifat satu arah, pembelajaran kurang variasi menggunakan strategi dan model pembelajaran, pembelajaran kurang kreatif, menarik, dan menyenangkan, dan kurangnya minat dan motivasi siswa kelas IV SDN 2 Sungai Besar muatan IPS tema Kayanya Negeriku materi Jenis dan Persebaran Sumber Daya Alam.Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu melalui menggunakan kombinasi model Group Investigation, Open Ended Problem, dan Snowball Throwing. Penelitian bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN 2 Sungai Besar kota Banjarbaru tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 28 siswa terdiri 12 laki-laki dan 16 perempuan. Data diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan aktivitas guru apabila mencapai skor ≥30 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa apabila secara klasikal mencapai ≥82%siswa berada pada kriteria Sangat Aktif, hasil belajar dianggap tuntas apabila secara klasikal mencapai ≥80% siswa memperoleh nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan akhir mengalami peningkatan hingga mencapai skor 32 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan terakhir mengalami peningkatan hingga mencapai 92,9% kriteria sangat aktif. Hasil belajar individu siswa pada pertemuan terakhir terlihat mencapai ketuntasan klasikal 100%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku menggunakan kombinasi model Group Investigation, Open Ended Problem, dan Snowball Throwing pada siswa kelas IV SDN 2 Sungai Besar menigkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan kepada kepala sekolah, guru, dan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI