DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION (CIRC), DIKOMBINASIKAN DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IVB SDN ANTASAN KECIL TIMUR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:JAMIATUR RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-27


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa dalam materi cerita anak, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesiatema Daerah Tempat Tinggalku kelas IVB SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin. Disebabkan pembelajaran yang kurang inovatif dan bersifat satu arah. Salah satu upaya mengatasi hal tersebut yaitu melalui kombinasi Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Think Pair Share (TPS)danTalking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB semester genap SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak  32. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai skor 30-36 kriteria sangat baik, aktivitas siswa ≥80% kriteria aktif dan sangat aktif, serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 31,2%, pertemuan II mencapai 53,1%, pertemuan III mencapai 81,3%, dan pertemuan IV mencapai 93,8%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC), Think Pair Share (TPS)danTalking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI