DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRATION, SNOWBALL THROWING, DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SUNGAI ULIN BANJARBARU
PENGARANG:EKA NOVITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-27


Sari, Eka Novita. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Kombinasi Model Demonstration, Snowball Throwing, Dan Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sungai Ulun Banjarbaru. Skripsi program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M. Si.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Tema Daerah Tempat Tinggalku, Demonstration, Snowball Throwing, Dan Numbered Heads Together (NHT).

            Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tema Daerah Tempat Tinggalku dikelas IV SDN 2 Sungai Ulin Banjarbaru. Masalah ini disebabkan sulit untuk mengingat pembelajaran,siswa kurang, siswa kurang aktif dalam mengukuti pembelajaran, kurangnya minat belajar siswa. Peneliti menggunakan kombinasi model pembelajaran Demonstration, Snowball Throwing, dan Numbered Heads Together (NHT) menjadi solusi untuk masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS tema Daerah Tempat Tinggalku dikelas IV SDN  2 Sungai Ulin Banjarbaru.

            Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu: Pendekatan Kualitatif. Setting penelitian dilaksanakan dikelas IV SDN 2 Sungai Ulin Banjarbaru pada semester genap pada tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswi perempuan. Teknis analisis data menggunakan analisis data kualitatif (aktivitas guru dan siswa) dan data kuantitatif (hasil belajar siswa). Cara pengambilan data menggunakan teknik observasi dan tes. Aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria “Sangat Baik” dan  aktivitas siswa dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa berhasil apabila mencapai ≥81% mendapat nilai ≥70.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Demonstration, Snowball Throwing, Numbered Heads Together (NHT) didapat aktivitas guru siklus I memperoleh 67,5 meningkat menjadi 82,5 pada siklus IV. Aktivitas siswa berdasarkan rata-rata kelas siklus I 62,02 meningkat menjadi 83,05 pada pertemuan IV, sedangkan aktivitas siswa secara klasikal siklus I 49,55% meningkat menjadi 93,88% pada siklus IV. Hasil belajar kognitif siklus I 44,44% meningkat menjadi 94% pada Siklus IV

            Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal menggunkan kombinasi model Demonstration, Snowball Throwing, Numbered Heads Together (NHT) pada pelajaran IPS tema Daerah Tempat Tinggalku. Hasil penelitan ini dapat dijadikan sebagai referensi penggunaan model pembelajaran untuk guru, kepala sekolah dan peneltan selanjutnya pada mata pelajaran IPS tema Daerah Tempat Tinggalku.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI