DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI), PROBLEM BASED LEARNING (PBL), DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS VA SDN CINDAI ALUS 2 MARTAPURA
PENGARANG:ERNI APRILIYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


ABSTRAK

Apriliyana,

Erni. (2019).Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika pada Materi Pengumpulan dan Penyajian Data Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI),  Problem Based Learning (PBL), dan Course Review Horay pada Siswa Kelas VA SDN Cindai Alus 2 Martapura. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci:

Aktivitas Belajar, Pengumpulan dan Penyajian Data, Team Assisted Individualization (TAI), Problem Based Learning (PBL), dan Course Review Horay.

 

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan tidak ada interaksi antara siswa di dalam kelas untuk berdiskusi, tidak terbiasa dengan pembelajaran yang menekankan pada sikap serta berpikir kritis dan kurang menerapkan strategi, metode dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan melalui kombinasi model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI),  Problem Based Learning (PBL), dan Course Review Horay. Tujuan dari penelitian ini  untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Yang mana subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA semester genap SDN Cindai Alus 2 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 orang. Data kualitatif didapat dari observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu, yang menggunakan analisis data tipe Transformative Mixed Methodes: Descriptive Analysis dan Cross Tabulation Analysis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru selama 4 pertemuan meningkat dari skor 23 hingga 28. Aktivitas siswa selama 4 pertemuan meningkat dari 34,3% - 94,4% (klasikal). Hasil belajar aspek kognitif pada selama 4 pertemuan meningkat dari 40% - 88,9% (klasikal). Hasil belajar aspek afektif selama 4 pertemuan meningkat dari 80% - 100% (klasikal). Dan hasil belajar aspek psikomotorik selama 4 pertemuan meningkat dari 71,5% - 100% (klasikal).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat aktif dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal. Sehingga hipotesis dengan kombinasi model Team Assisted Individualization (TAI),  Problem Based Learning (PBL), dan Course Review Horay dapat diterima dan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI