DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL DALAM BERSIKAP KOOPERATIF DENGAN TEMAN MENGGUNAKANKOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION, MODEL MAKE A MATCH,DAN METODE BERCAKAP-CAKAP PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK BUDI MULIA II BANJARMASIN
PENGARANG:NORLAILA NAFISAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


Kata Kunci: Sosial Emosional dalam Bersikap Kooperatif dengan Teman, Model Direct Instruction, Make a Match dan Metode Bercakap-Cakap.

 

Permasalahandalampenelitianiniadalahrendahnya hasil perkembanganaspek sosial emosional anakdalambersikap kooperatif dengan teman. Hal inidisebabkankarenaminimnya suasanabermaindalam proses pembelajaran. Sehingga menjadikansuasanamenyenangkanbelummaksimalyang menyebabkan anakbelumbanyakterlibatdalam kegiatan pembelajaran, hal tersebut terlihatketika anaklebihmemilihbermainsendiri saatpembelajarandikelas.Oleh karena itu, salahsatuupaya yang dilakukanuntukmengembangkanaspeksosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan temanyaitu denganmenggunakankombinasi Model Direct Instruction, Make a Match danMetode Bercakap-Cakap. Adapun tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuigambaranaktivitas guru, aktivitasanakdanhasilperkembanganaspeksosialemosionalanak.MetodepenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK). Penelitianinidilakukandalam4 kali pertemuan. Setting penelitianinidilakukandi TK Budi Mulia II Banjarmasinyaitu anakkelompokB2berjumlah sebanyak 16 anak yang terdiridari9 orang anak perempuan dan 7 orang anak laki-laki. Teknik pengambilan dan analisis data menggunakan data kualitatif. Indikatorkeberhasilandalampenelitianiniadalahjikaaktivitas guru memenuhikriteria sangatbaikdanaktivitasanakmemenuhikriteria sangataktif, danhasilperkembanganmemenuhikategoriberkembangsangatbaik (BSB).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) aktivitas guru saatmenerapkan kombinasi Model Direct Instruction, Model Make a Match danMetode Bercakap-Cakap dalam mengembangkan sosial emosionalanak, termasuk dalam kriteria sangat baik berdasarkan indikator yang ditetapkan, (2) aktivitasanakmendapat kriteria sangat aktif, dan(3) hasilperkembanganaspeksosial emosionalanakdisetiappertemuannyamengalami peningkatandenganmendapatkanbintang???dan????atauberkembangsangatbaik (BSB). Berdasarkanhasiltemuandapatdisimpulkanbahwa aktivitas guru, aktivitasanak, danhasilperkembangansosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman menunjukkanpeningkatan,sehinggamencapaiindikator keberhasilan yang diharapkan. Oleh karena itu, disarankankepada guru TK untuk menerapkan kombinasi Model Direct Instruction, Make a Match danMetode Bercakap-cakap, karenadapatmeningkatkan aspeksosialemosionalanak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI