DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKN TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DIKOMBINASIKAN DENGAN TWO STAY TWO STRAY DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SDN PEKAUMAN 1 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MUJAHIDDIN ALFI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


Permasalahan siswa dalam pembelajaran PPKn tema Kayanya Negeriku di kelas 4 SDN Pekauman 1 Kabupaten Banjar adalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan dan kurangnya Interaksi antar siswa dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti membuat sebuah inovasi pembelajaran dengan  Model Student Team Achievement Division (STAD),dikombinasikan Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Pekauman 1  Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak  13. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik dengan indikator ketuntasan yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 30,77%, pertemuan II mencapai 53,84%, pertemuan III mencapai 85%, dan pertemuan IV mencapai 97%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Model Student Teams Acievement Division (STAD), Two Stay Two Stray (TSTS), dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI