DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) DIKOMBINASIKAN DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI JINGAH 1 BANJARMASIN
PENGARANG:PUTRIA RAHMADITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


ABSTRAK

 

Rahmadita, Putria. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) Dikombinasikan dengan Teams Assisted Individualization (TAI) dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Jingah 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Ririanti Rachmayanie J., S.Psi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Bangun Datar, Think Pair and Share, Teams Assisted Individualization , Talking Stick.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemapuan berfikir kritis siswa masih jarang dikembangkan dan jarang dilakukan, proses pembelajaran yang berlangsung masih satu arah serta kurangnya interaksi antar siswa sehingga mengakibat hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi bangun datar mengunakan kombinasi model Think Pair and Share, Team Assited Indvidulization dan Talking Stick. 

Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Sungai Jingah 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak 18 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa, pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik descriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik diinterpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup baik, meningkat pada pertemuan 4 mencapai krtiteia sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif meningkat pada pertemuan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Begitu pula hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 44% dan meningkatkan pada pertemuan 4 mencapai 89%. Dapat ditarik keimpulan bahwa kombinasi model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dikombinasikan dengan Teams Assisted Individualization (TAI) dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Sungai Jingah 1 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI