DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DALAM MENCERITAKAN KEMBALI CERITA/ DONGENG YANG DIDENGAR MELALUI KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE, METODE BERCERITA DAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM MADINATURRAMLAH BANJARMASIN
PENGARANG:NORLIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


ABSTRAK

Norliana. 2019, “Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Dalam Menceritakan Kembali Cerita/Dongeng Yang Didengar Melalui Kombinasi Model Picture And Picture, Metode Bercerita Dan Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok A di TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin ”. Skripsi S1 Perndidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Novitawati, S.Psi., M.Pd. 

 

Kata Kunci: Bahasa, Menceritakan Kembali Cerita/Dongeng Yang Didengar. Model   Picture and Picture, Metode Bercerita, dan Media Papan Flanel 

 

Masalah yang terjadi pada anak kelompok A di TK Islam Madinaturramlah adalah anak cenderung kurang aktif dalam pembelajaran bahasa, terlihat dari kurangnya perhatian anak terhadap materi pelajaran, pasif dalam melaksanakan tugas yang diberikan dan berkaitan dengan konsep menceritakan kembali cerita/dongeng yang didengar, pembelajaran bersifat abstrak, anak tidak dapat membangun pengetahuan sendiri dan media yang membosankan. Masalah ini disebabkan karena anak kurang aktif, pembelajaran bersifat abstrak, kurangnya kesempatan untuk anak dan penggunaan media yang tidak menarik. Solusi untuk masalah tersebut yaitu dengan menggunakan kombinasi Model Picture and Picture, Metode Bercerita dan Media Papan Flanel. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa aktivitas guru, aktivitas anak, dan perkembangan bahasa anak dalam menceritakan kembali cerita/dongeng yang didengar melalui kombinasi model picture and picture, metode bercerita dan menggunakan media papan flanel.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah: Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Obsrvasi, 4. Refleksi. Instrument yang digunakan observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan bahasa. Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK Islam Madinturramlah Banjarmasin dengan anak berjumlah 14 orang. Dengan indikator keberhasilan aktivitas guru minimal mencapai skor ≥33 dengan kreteria sangat baik, aktivitas anak dikatakan berhasil secara klasikal ≥82% dengan kreteria hampir seluruh anak ≥ aktif dan untuk hasil perkembangan bahasanya nya secara klasikal mencapai ≥ 82% anak memperoleh minimal bintang                atau berkembang sesuai harapan (BSH) dari seluruh anak.

 Hasil penelitian menggunakan kombinasi Model Picture and picture, Metode Bercerita dan Media Papan Flanel dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan bahasa dalam menceritakan kembali cerita/dongeng yang  didengar. 

Berdasarkan data yang dipeloleh dari penelitian ini disarankan kepada guru kelompok A untuk menggunakan model Picture and Picture, Metode Bercerita dan Media Papan Flanel dalam kegiatan belajar dalam menceritakan kembali cerita/dongeng yang didengar untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI