DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ASPEK MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI SEJARAH TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL SURVEY QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (SQ4R) DIKOMBINASIKAN DENGAN THINK PAIR AND SHARE DAN COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS V SDN SUNGAI TABUK KOTA 1 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SAFIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


ABSTRAK

 

Safiah, 2019.Meningkatkan Aktivitas Belajar Aspek Membaca Pemahaman Teks Narasi Sejarah Tema Peristiwa dalam Kehidupan Muatan Bahasa Indonesia dengan Model Survey  Question  Read Reflect Recite Review (SQ4R), Think Pair And Share, dan Course Review Horay Siswa Kelas V SDN Sungai Tabuk Kota 1 KabupatenBanjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Drs. H.Ramadi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Bahasa Indonesia, Model Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) , Think Pair And Share, dan Course Review Horay

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Siswa cenderung hanya membaca teks tanpa memahami isi dari bacaan tersebut dan kurang melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran yang diharapkan belum dapat terpenuhi. Hal tersebut berdampak pada aktivitas dan hasil belajar anak yang tidak akan maksimal, sehingga perlu diadakan penelitian ini. Tujuannya untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar anak pada penelitian ini.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sungai Tabuk Kota 1 Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 34 dengan kategori sangat baik dalam melaksanakan pembelajaran, aktivitas siswa mencapai persentase 90% dengan kategori siswa sudah sangat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dan hasil belajar siswa mencapai persentase ketuntasan 90% dengan KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 72.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) , Think Pair And Share, dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dan saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternative guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI