DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan Pelajaran IPS Pada Pembelajaran Tematik Peristiwa Dalam Kehidupan Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri, Problem Based Learning, Course Review Horay di SDN Sungai Tabuk Kota 1 Banjar
PENGARANG:TRIA YULIANISA PUTERI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


ABSTRAK Puteri, Tria Yulianisa. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan Pelajaran IPS pada Pembelajaran Tematik Peristiwa Dalam Kehidupan Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri, Problem Based Learning, Course Review Horay di SDN Sungai Tabuk Kota 1 Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Ririanti Rachmayanie J., S.Psi, M.Pd. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Kombinasi Model Inkuiri, Problem Based Learning dan Course Review Horay. Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang melibatkan diri secara aktif, tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, kurangnya antusias siswa dalam mengemukakan pendapat dan pembelajaran bersifat satu arah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Sungai Tabuk Kota 1 Banjar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Sungai Tabuk Kota 1 Banjar tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, meningkatkan pada pertemuan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif meningkat pada pertemuan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Begitu pula hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 40% dan meningkat pada pertemuan 4 mencapai 90%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa kombinasi model pembelajaran Inkuiri, Problem Based Learning, Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sungai Tabuk Kota 1 Banjar dan hipotesis dapat diterima
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI