DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Auditory Intellectual And Repetition (AIR), Problem Based Learning (PBL) Dan Multi Media LCD Pada Siswa Kelas IV SDN Telaga Biru 8 Banjarmasin
PENGARANG:TIA APRILIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


ABSTRAK

Apriliana, Tia. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Auditory Intellectual And Repetition (AIR), Problem Based Learning (PBL) dan Multi Media (LCD) Pada Siswa Kelas IV SDN SDN Telaga Biru 8 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Muhammad. Saleh, M.Pd.

Kata Kunci: Tema 8, Daerah Tempat Tinggalku, Auditory Intellectual And Repetition (AIR), Problem Based Learning (PBL), Multi Media (LCD)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada Tema 8 Daerah tempat tinggalku. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran cenderung bersifat satu arah, siswa hanya medengarkan penjelasan dari guru dan kurang mampu mengemukakan pendapat pada saat pembelajaran. Permasalahan ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectual And Repetition (AIR), Problem Based Learning (PBL) Dan Multi Media LCD yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diterapkan dalam 2 Siklus 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dikelas IV SDN Telaga Biru 8 Banjarmasin tahun 2018/2019, yang berjumlah 16 laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data penelitian di dapat melalui data kualitatif dari instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, data kuantitatif berupa tes tertulis. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai skor 40 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa mencapai skor 28 dengan kategori sangat aktif, serta hasil belajar mencapai nilai 70 sesuai dengan KKM, sedangkan secara klasikal mencapai 80%.

Aktivitas guru pada Siklus I mencapai skor 30 dengan kategori baik, meningkat di Siklus II mencapai skor 39 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal Siklus I 53% kategori cukup aktif meningkat pada Siklus II menjadi 91% dengan kategori sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada Siklus I mencapai 32,4% masih di bawah KKM meningkat pada Siklus II menjadi 94,1%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Auditory Intellectual And Repetition (AIR), Problem Based Learning (PBL) Dan Multi Media LCD dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar dan aktivitas guru dalam pembelajaran khususnya pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI