DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Volume Kubus dan Balok Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Realistic Mathematics Education (RME), Dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Kelas V SDN Sungai Tabuk Kota 1 Banjar
PENGARANG:RIZQI FITRIA PEBRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


ABSTRAK

 

Rizqi Fitria Pebriana, 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Volume Kubus dan Balok Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Realistic Mathematics Education (RME), Dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas V SDN Sungai Tabuk Kota 1 Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Drs. H. Mahlan Asamar, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Matematika, Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Model Realistic Mathematics Education (RME), Model Teams Games Tournament (TGT).

Permasalahan pada penelitian ini daya tangkap siswa dalam proses pembelajaran matematika masih kurang dikarnakan pengetahuan yang berbeda pada setiap siswa, siswa kurang termotivasi untuk terlibat dalam proses pembelajaran, dan proses pembelajaran tidak berpusat kepada siswa, sehingga proses pembelajaran yang diharapkan belum dapat terpenuhi. Hal tersebut berdampak pada aktivitas dan hasil belajar anak yang tidak akan maksimal, sehingga perlu diadakan penelitian ini. Tujuannya untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar anak pada penelitian ini.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sungai Tabuk Kota 1 Banjar pada semester genap tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, dengan indikator keberhasilan yaitu aktivitas guru, aktivitas siswa serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada akhir pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada akhir pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitf siswa pada akhir pertemuan III 90%. Afektif siswa pada akhir pertemuan III 90%. Psikomotorik siswa pada akhir pertemuan III 85%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Realistic Mathematics Education (RME), Dan Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dan saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternative guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI