DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PKN MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEADS TOGETHER DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VB SDN BELITUNG SELATAN 7 BANJARMASIN
PENGARANG:NOR LAILA HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


ABSTRAK

 

Hasanah, Nor Laila. 2019. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Muatan PKn Materi Persatuan Dan Kesatuan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation, Numbered Heads TogetherDan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas VB SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin.Skripsi Program Pendidikan GuruSekolah Dasar. FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Persatuan dan Kesatuan, Group Investigation, Numbered Heads Together,dan Snowball Throwing.

 

Permasalahan yang terjadi ialah kurangnya aktivitas belajar siswa dan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn disebabkan siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa sering melakukan kegiatan sendiri pada waktu pelajaran berlangsung. Hal ini tentunya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa masih di bawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 70, oleh karena itu perlu dilakukan solusi denganmenggunakan kombinasi model pembelajaranGroup Investigation, Numbereed Heads TogetherDan Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiaktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar pada pembelajaran PKn materi Persatuan dan Kesatuan di kelas VB Belitung Selatan 7.

Penelitian ini dilaksanakan dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dan crosstab. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ialah aktivitas guru berhasil apabila nilainya berada pada minimal kriteria sangat baik dengan skor ≥25, aktivitas siswa dapat mencapai minimal 82% yang berada pada kriteria sangat aktif serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 4 memperoleh skor maksimal yaitu 32 dengan kriteria sangat baik. Dan peningkatan aktivitas siswa pada pertemuan 4 memperoleh 100% dengan kriteria sangat aktif serta hasil belajar siswa pada pertemuan 4 meningkat menjadi 100%.

Berdasarkan temuan dari penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaranGroup Investigation, Numbereed Heads Together Dan Snowball Throwingmenunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangataktif, dan hasil belajar siswa meningkat. Saran bagi kepala sekolah dan guru bahwa hasil penelitian ini agar dapatmenjadi salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI